30 juta motor Yamaha wara-wiri di jalanan Indonesia

Seiring waktu Yamaha Indonesia tumbuh dan berkembang pesat hingga menginjak usia ke-40. Sejak beroperasi dari Juli 1974 hingga 2014 ini Yamaha Indonesia mencatat sudah memproduksi 30 juta unit motor.
Jika di awal kehadirannya di Indonesia sport dan bebek menguasai, makan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir , yakni 2010 hingga Juni 2014, motor matic menjadi penyumbang terbesar penjualan Yamaha, yakni 52,9 persen, bebek 32,5 persen, dan sport 14,6 persen.
Pamor Yamaha bisa dibilang kian mencuat sejak lahirnya Mio. Hadirnya Mio memberikan perubahan besar di pasar Indonesia karena menjadi tren dan favorit konsumen yang melegenda sepanjang masa. Diperkenalkan perdana di tahun 2003, Mio langsung booming dan jadi primadona. Dalam perjalanannya, Mio mengukir sejarah sebagai motor produksi ke-20 juta Yamaha Indonesia tepat di Hari Kartini pada 21 April 2011.
Pangsa pasar Mio terus berkembang sehingga jumlah total penjualannya terhitung dari saat muncul pertama kali di 2003 hingga Mei 2014 menyentuh 8 juta unit. Citra Mio pun diabadikan dalam berbagai event prestisius seperti kunjungan Miss Universe ke Indonesia. Setelah Mio, lahir matic-matic Yamaha lainnya Xeon, Mio Fino, Mio J, Soul GT, Mio GT, X-Ride dan GT125.

Sementara di segmen sport, tahun ini Yamaha menggebrak dengan meluncurkan dua jagoannya, R15 dan R25. Sudah lama dinantikan dan akhirnya mimpi itu terpenuhi, membuat konsumen agresif memburunya. Strategi menjual lewat inden online berhasil mencetak sejarah dalam penjualan sepeda motor di Indonesia dimana ribuan unit langsung ludes dalam satu hari. Antusiasme besar konsumen berlanjut di 'pasar nyata' baik di diler maupun event Yamaha dimana sebagian besar konsumen melakukan pembelian.
Seperti di launching R15 dan R25 yang dilakukan Yamaha pusat maupun area-area dan bagaimana momen Jakarta Fair menjadi saksi meledaknya penjualan R15 dan R25 hingga ratusan unit. Bahkan R15 penjualannya tertinggi dibandingkan tipe motor lainnya termasuk dari segmen matic. Dari data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), di bulan Mei yang merupakan bulan pertama catatan penjualan R15, ada 5.394 unit yang terjual.

Hadirnya R15 dan R25 memperkuat segmen sport Yamaha, dengan V-Ixion masih tetap jadi Raja Motor Sport Indonesia. Sejak kemunculan perdananya di 2007 hingga Mei 2014 V-Ixion sudah terjual 1,7 juta unit. Motor sport ini manjadi salah satu pendorong dan penguat lahirnya R15 dan R25.
Di segmen bebek, Yamaha berinovasi melahirkan Jupiter Z1 dibekali teknologi injeksi dan terbukti menjadi motor injeksi pertama yang menjuarai Indoprix, kompetisi balap motor bebek road race tertinggi di Indonesia.
Sementara Jupiter MX pun tercatat sebagai bebek Yamaha dengan penjualan terbanyak. Update terbaru di tahun 2014 ini (Januari - Mei) sebanyak 90.705 unit. Tahun lalu pun Yamaha meluncurkan Force, jenis bebek yang memperkuat barisan motor injeksinya.

http://www.merdeka.com/otomotif/40-tahun-di-indonesia-30-juta-motor-yamaha-wara-wiri-di-jalan.html

1 Response to "30 juta motor Yamaha wara-wiri di jalanan Indonesia"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete